Kamis, 01 November 2012

artikel


PENTINGNYA MINUM AIR PUTIH

Air putih merupakan minuman alami yang sangat dibutuhkan oleh daya tahan tubuh kita. Biasanya seseorang minum air putih terlebih dahulu sesaat sebelum makan untuk mengurangi makan yang berlebih. Sebaiknya kebiasaan itu dihilangkan, jika ingin minum sebelum makan lakukan satu jam sebelum makan.
Mengkonsumsi air terlalu banyak tepat sebelum makan dapat menghilangkan nafsu makan berkurang. Karena, lambung menjadi penuh. Tetapi minum air sesaat sebelum makan akan membuat proses penyerapan makanan oleh enzim menjadi lebih sulit, karena air yang diminum membutuhkan waktu 30 menit untuk mengalir dari lambung menuju usus. Sahingga jika kita minum sesaat sebelum makan, dan air tersebut belum sempat menuju usus sudah ditambah  dengan makanan,  maka dapat membuat enzim bekerja lebih sulit.
            Profesor Hiromi Shinya MD, seorang pakar enzim yang juga seorang guru besar kedokteran di Albert Einsteis College Of Medicine AS, beliau menyarankan agar minum air putih dilakukan 1 jam sebelum makan.
Cara ideal untuk mencukupi kebutuhan air dalam tubuh, adalah :
*      1-3 gelas saat bangun tidur pada pagi hari
*      2-3 gelas, 1 jam sebelum makan siang
*      2-3 gelas, 1 jam sebelum makan malam.
Menurutnya yang harus diperhatikan adalah ninum air setelah bangun tidur. Karena, cairan  yang hilang harus cepat diganti saat bangun tidur
            Profesor Hiromi tidak menyarankan minum air sebelum tidur tapi jika sangat haus bisa dilakukan 1 jam sebelum waktu tidur. Minu air sesaat sebelum tidur bisa mencegah terjadinya aliran balik. Walaupun hanya air,  jika tercampur dengan asam lambung bisa memasuki tenggorokan dan terhirup kedalam paru-paru yang dikhawatirkan dapat beresiko menderita pneumonia.
            Biasakan tidur dengan perut kososng, karena tenggorokan dirancang agar tidak ada yang masuk kedalam selain udara. Jika masah ada makanan atau minuman, isi lambung akan meluap naikmenuju kerongkongan. Saat itu terjadi, tubuh akan menyempitkan saluran pernapasan dan menghentikan pernapasan.
            Banyak kejadian orang meninggal akibat serangan jantung. Penyebabnya adalah karena asam yang mengalir balik sebagai akibat makan atau minum larut malam, dan berakhir pada tertutupnya saluran pernapasan, kemudian nafas menjadi tidak teratur, kadar oksigen dalam darah berkurang dan akhirnya kurang persediaan oksigen menuju otot jantung.
            Diakuinya, kebutuhan minum setiap orang berbeda, tapi biasakan minum air 6-8 gelas per-hari (1,5 – 2 liter) untuk kebutuhan tubuh orang dewasa. Jika cuaca sangat panas biasanya orang akan membutuhkan  minum lebih banyak, sebaliknya orang yang mengalami sistem pencernaan lemah dapat mengalami diare jika minum terlalu banyak.
            Banyaknya kebutuhan air dalam tubuh satiap orang berbeda- beda, tergantung pada ukuran tubuh orang tersebut. Hanya saja kita harus tetap memperhatikan waktu- wakyu untuk minum yang ideal, diluar kebutuhan minu lainnya.
Jika kebutuhan air telah terpenuhi dengan baik, maka seseorang akan jarang sakit, dan air akan melembabkan area-area dalam tubuh yang mudah diserang oleh bakteri dan virus, seperti daerah bronkus ( pipa saluran pernafasan ), mukosa lambung dan usus. Sabaliknya, jika air yang di butuhkan tubuh kurang, membran mukus pada bronkus akan mengalami dehidrasi dan mengering. Hal ini dapat mengakibatkan berkembangbaiknya virus dan bakteri.
            Air sangat pantinag bagi tubuh. Jika tidak ada air orang tidak hanya kekurangan gizi, tapi kotoran dan racun juga akan berkumpul didalam sel dan tidak dapat dikeluarkan. Efeknya, racun yang terakumulasi itu akan merusak sel-sel gen yang salah satunya bisa menyebabkan peubahan gen menjadi sel kangker.     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar