Sabtu, 29 Desember 2012

contoh RPP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                                   : SMP
Mata Pelajaran                        :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      :X / 2
Standar Kompetaensi              : Mengapresiasi pementasan drama
Kompetensi Dasar                   : Menanggapi unsur pementasan dan naskah drama
Indikator                                 : 1. Mampu menentukan unsur-unsur pementasan drama
                                                  2. mampu menanggapi tiap-tiap unsur dengan alasan yang logis
Alokasi Waktu                        :  4 X 40 (2 pertemuan)


1.    Tujuan Pembelajaran
a.       Siswa dapat menentukan unsur-unsur pementasan drama
b.      Siswa mampu menanggapi tiap-tiap unsur dengan alasan yang logis

Karakter siswa yang diharapkan : a.  konsentrasi
b.    jujur
c.    bertanggung jawab
d.   teliti
e.    dapat dipercaya

2.    Materi Pembelajaran
Pementasan drama atau model dan pementasan yang dilakukan siswa
Drama merupakan karya sastra yang berbentuk dialog dengan tujuan untuk dipentaskan. Jalan cerita drama tergambar dari dialog yang ditampilkan. Di samping itu, dialog juga menggambarkan watak tokoh cerita. Adapun latar cerita biasanya tergambar dari ruang pentas.

3.    Metode Pembelajaran
a.       Penugasan
b.      Diskusi informasi
c.       Inkuiri

4.    Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Pertemuan pertama

Kegiatan pembelajara

Waktu (menit)
a
Kegiatan awal
1.    Siswa diajak melihat sebuah pementasan drama
2.    Siswa berkelompok, tiap kelompok empat siswa
3.    Siswa dan guru bertanya jawab tentang pementasan drama
4.    Siswa mengidentifikasi tentang pementasan drama



Apersepsi
1.      Guru mengamati peserta didik sudah siapkah untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar
2.      Guru dan peserta didik memulai pelajaran di awalai dengan pembacaan doa
3.      Peserta didik bertanya jawab mengenai unsur pementasan drama

Motivasi
Mampu menanggapi unsur pementasan naskah drama

10 menit
b
Kegiatan inti
1.    Sisiwa secara berkelompok melihat pementasan drama
2.    Siswa secara berkelompok mendiskusikan unsur-unsur drama
3.    Siswa secara berkelompok menuliskan unsur-unsur drama yang telah dilihat
4.    Masing-masing kelompok membacakan unsur-unsur yang talah ditulis
5.    Siswa dari kelompok lain saling menanggapi atas hasil diskusi tentang unsur-unsur yang ada dalam pementasan drama, yang telah dilihat sebelumnya

·         Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.      Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas pada materi yang akan dipelajari
2.      Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran dan sumber belajar lain
3.      Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
4.      Memfasilitasi peserta didik dapat menanggapi unsur pementasan naskah drama
·         Elaborasi
1.      Melibatkan peserta didik memperhatikan unsur-unsur pementasan naskah drama
2.      Memfasilitasi peserta didik dapat menanggapi unsur pementasan drama
3.      Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas
4.      Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik

·         Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1.      Memberi umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, meupun hadiah bagi keberhasilan peserta didik
2.      Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
3.      Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalm mencapai kompetersi dasar.
a.       Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertannyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar
b.      Membantu mneyelesaikan masalah
c.       Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi
d.      Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih lanjut
e.       Memberi motivasi kepada peseta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
4.      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

5.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan


55 menit
c
Kegiatan akhir
Dalm kegiatan penutup, guru:
1.         Bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman atau simpulan pelajaran
2.         Melakukan penilaian refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
3.         Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
4.         Mamberikan baik tugas individu maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
5.         Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

15 menit


Pertemuan kedua

Kegiatan Pembelajaran

Waktu (menit)
a.
Kegiatan awal
1.     Siswa dan guru bertanya jawab sebelumnya, yaitu tentang unsur-unsur pada drama yang telah dilihat pada pertemuan lalu
2.     Siswa berkelompok sesuai dengan kegiatan sebelumnya

Apersepsi
1.      Guru mengamati peserta didik sudah siapkah untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar
2.      Guru dan peserta didik memulai pelajaran di awalai dengan pembacaan doa
3.      Peserta didik bertanya jawab mengenai unsur pementasan drama yang sudah dilihat sebelumnya
Motivasi
Mampu menanggapi unsur pementasan naskah drama

10 menit

Kegiatan inti
1.    Siswa menuliskan pendapat, kritik, dan saran pada drama yang telah dilihat sebelumnya
2.    Siswa secara berkelompok mempersentasikan tentang pendapat, kritik, dan saran pada setiap unsur-unsur pementasan drama
3.    Siswa dan guru menyepakati format penilaian
4.    Secara berkelompok : siswa menilai hasil kerja masing-masing kelompok yang persentasi, sesuai dengan foemat nilai yang telah disepakati
5.    Siswa mengumpulkan hasil nilai setiap kelompok yang telah persentasi pada guru

·         Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
5.      Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas pada materi yang akan dipelajari
6.      Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran dan sumber belajar lain
7.      Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
8.      Memfasilitasi peserta didik dapat menanggapi unsur pementasan naskah drama
·         Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1.      Memfasilitasi  peserta didik memperhatikan unsur-unsur pementasan drama
2.      Memfasilitasi peserta didik dapat menemukan unsur-unsur pementasan drama
3.      Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas
4.      Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik

·         Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1.      Memberi umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, meupun hadiah bagi keberhasilan peserta didik
2.      Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
3.      Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalm mencapai kompetersi dasar.
f.       Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawap pertannyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar
g.      Membantu mneyelesaikan masalah
h.      Member acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi
i.        Member informasi untuk bereksplorasi lebih lanjut
j.        Member motivasi kepada peseta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
4.      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
5.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan


55 menit
c.
Kegiatan akhir
Dalm kegiatan penutup, guru:
1.      Bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman atau simpulan pelajaran
2.      Melakukan penilaian refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
4.      Mamberikan baik tugas individu maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
5.      Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

15    Menit

5. Sumber Belajar
Pementasan drama atau model pementasan yang dilakukan siswa

6.    a. teknik                          : tes tulis, observasi
b. bentuk instrument      : tes uraian, lembar observasi

c. soal intrumen             :
1.  menulis unsur drama yang kamu lihat
Pedoman penskoran
Kegiatan

Skor
Siswa menuliskan 5 unsur drama
4
Siswa menuliskan 4 unsur drama
3
Siswa menuliskan 2 unsur drama
1
Siswa tidak menuliskan unsur apapun
0

2. Buatlah pendapat, kritik, dan saran terhadap unsur-unsur pada drama yang kamu lihat
Pedoman penskoran  
Kegiatan

Skor
Siswa menyampakaikan pendapat, kritik, dan saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar
6
Siswa menyampaikan pendapat, kritik, dan saran kurang mengindahkan bahasa yang baik dan benar
4
Siswa menyampaikan pendapat, kritik, dan saran tidak mengindahkan bahasa yang baik dan benar
2
Siswa tidak dapat member pendapat, kritik, dan saran tentang unsur drama
0

    Skor maksimal
     No 1      : 4
     No 2      : 6
     Jumlah : 10

JUMLAH BENAR X 2


Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 sebagai berikut
Nilai akhir  X skor ideal (100) = …..


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar